Kodak Bangkrut karena Takut

Rochester, New York - Gagap beradaptasi dengan kehadiran kamera digital, sang pionir di dunia fotografi Kodak akhirnya gulung tikar. Ironisnya, mereka sebenarnya sudah menciptakan kamera digital berpuluh tahun lalu.

Kehadiran teknologi digital memang menjadi pembunuh perusahaan yang sudah berusia 132 tahun ini. Melihat bahwa sebenarnya mereka memiliki kesempatan besar untuk terus berjaya, rasanya patut disayangkan.

Kala itu di tahun 1975, Kodak sudah menciptakan kamera digital. Kamera ini mampu menangkap gambar hitam putih dalam resolusi 10.000 piksel.

Sayang, ketakutan akan kanibalisasi membuat penemuan mereka itu tidak ditindaklanjuti. "Mengapa kita harus mengkanibalisasi diri kita sendiri?" demikian anggapan yang dilontarkan oleh pihak manajemen seperti dilansir Thesundaily, Jumat (20/1/2012).

Pun juga, di tahun 1992, permintaan mantan Vice President Don Strickland untuk merilis kamera digital juga tidak mendapat ijin.

Ketakutan akan 'memakan' produk sendiri ini akhirnya malah menyebabkan pendatang baru menghajar Kodak. Di akhir tahun 90-an kamera digital dari berbagai vendor mulai meledak, sedang Kodak sendiri masih berjalan di tempat. 

Ketika sadar akan kesalahan yang dibuatnya dan mulai berbenah diri, terlambat sudah bagi perusahaan yang bermarkas Rochester, New York ini. Mereka pun harus mengejar ketertinggalannya namun kini diketahui, usaha tersebut gagal. Kiprah ratusan tahun legenda di dunia fotografi kini harus ditutup selamanya.



Source

0 komentar :

Posting Komentar